"Crowdfunding adalah metode pengumpulan dana, yang tujuan pengumpulan dana dan targetnya diumumkan kepada publik, melalui internet,” jelas Mandy Marahimin, salah satu pendiri Wujudkan.com, satu situs crowdfunding yang memfasilitasi para kreator untuk menggalang dukungan dana untuk merealisasikan ide kreatif mereka.
Wujudkan.com sendiri kini telah menjaring 11.525 orang. anggota (data November 2015). Dari 1.931 proposal proyek yang masuk, ada 37 kreasi yang sukses dan 165 kreasi yang sedang berkampanye. Kalau Anda berniat mencoba alternatif pendanaan ini, Mandy memberikan beberapa tip berikut agar proposal proyek Anda sukses dilirik.
1. Setiap situs crowdfunding memiliki syarat dan ketentuan. Pelajari dan lengkapi sesuai kebutuhan.
2. Umumnya, proposal berbentuk formulir digital yang diisi langsung di website. Tulis proyek Anda dengan bahasa yang singkat dan jelas, lalu baca ulang. Posisikan diri Anda sebagai calon pendonor.
3. Tambahkan foto dan video yang menarik perhatian.
4. Tentukan reward yang menarik perhatian.
5. Aktif berkampanye di media sosial.
[Cari tahu lebih banyak tentang filosofi crowdfunding di sini]