PESONA Ramadhan Fashion Delight 2017 resmi dibuka pada 17 Mei 2017. Inilah kali keempat PESONA berkolaborasi dengan Jakarta Fashion Week dalam menyelenggarakan rangkaian acara sebagai inspirasi gaya dalam menyambut Ramadan dan Lebaran.
Acara ini berlangsung selama enam hari, dari tanggal 16-21 Mei 2017 di Kota Kasablanka, Jakarta.
Sepanjang acara akan ada 14 fashion show dari 20 desainer dan label modest wear Tanah Air yang berlokasi di Grand Atrium, Kota Kasablanka. Ada juga bazar FashionLink Ramadhan Market di sepanjang Food Society dan Mozaic Walk, Kota Kasablanka.
“Fashion show di PESONA Ramadhan Fashion Delight kali ini sangat beragam. Ada juga desainer senior yang merilis lini barunya di fashion show nanti. Akan ada kejutan di hari Sabtu dan Minggu nanti. Tunggu saja!” kata Zornia Harisantoso, Chief Community Officer PESONA dengan antusias.
Para desainer modest wear ini punya gaya yang beragam. “Ada modest wear yang kasual, hingga yang syari. Fashion show PESONA Ramadhan Fashion Delight 2017 bisa dilihat sampai hari Minggu. Kita juga bisa membeli koleksi mereka di FashionLink Ramadhan Market di Food Society dan Mozaic Walk,” lanjut Zornia.
Beberapa dari desainer modest wear yang berpartisipasi di fashion show PESONA Ramadhan Fashion Delight 2017 adalah desainer yang tergabung dalam Indonesia Fashion Forward, yaitu sebuah program pengembangan kapasitas desainer kolaborasi Jakarta Fashion Week, British Council dan Centre for Fashion Enterprise. Mereka adalah Batik Chic, Eridani, Etu, Jenahara, Kami Idea, Norma Hauri,Rani Hatta, dan Dian Pelangi untuk show Wardah.
Acara PESONA Ramadhan Fashion Delight 2017 akan menjadi bagian dari Road to Jakarta Fashion Week 2018. Lenni Tedja—Direktur Jakarta Fashion Week—menyampaikan sedikit bocoran tentang JFW mendatang. “Harapan kami, JFW yang ke-10 nanti akan lebih berperan dalam memajukan industri fashion Indonesia. Kalau ditanya apa bedanya dengan tahun-tahun sebelumnya, yang pasti akan ada rangkaian acara serunya,” ujar Lenni Tedja.
PESONA Ramadhan Fashion Delight 2017 berlangsung makin sempurna berkat dukungan penuh dari UBS Gold, Wardah, Toyota All New Sienta (PT Toyota-Astra Motor), Matahari Department Store, dan Vivo Smartphone. Acara ini juga didukung oleh Batik Air.
Masing-masing sponsor punya alasan kuat untuk senantiasa mendukung PESONA Ramadhan Fashion Delight 2017. Di acara ini, mereka juga akan berkolaborasi dengan desainer modest wear.
Wardah bersama Dian Pelangi akan menunjukkan koleksinya pada Sabtu, 20 Mei 2017. “Antara fashion dan kosmetik tidak akan terpisahkan. Wardah akan selalu mendukung semua desainer-desainer dan fashion Indonesia, tanpa terkecuali,” kata Wahida Nur Oktavia, Public Relations Wardah. Di waktu yang sama, Wardah juga akan menampilkan tema makeup terbaru untuk menyambut Ramadan.
Untuk menampilkan koleksi emasnya yang elegan, UBS Gold menggandeng desainer Anniesa Hasibuan dan Eridani untuk berkolaborasi. Kedua desainer ini akan memadupadankan busana modest wear rancangan mereka dengan perhiasan UBS Gold. “Menyambut Lebaran, sudah tradisi untuk kita tampil berkilau. Aksesori yang paling matching dengan busana Lebaran adalah emas. Kami sudah menyiapkan kalung etnik, misalnya saja kalung emas kuning dengan model Dubai. Ada juga kalung rantai panjang yang menambah aura cantik. Lalu ada juga kalung motif batik,” kata Erwin Suganda, Creative Director UBS Gold.
UBS Gold selalu hadir dengan teknologi baru. Yang terkini adalah teknologi Flashing Star yang membuat Swarovski Simulated Diamonds—batu kristal Swarovski dengan cutting serupa berlian—yang akan terus berkilau mengikuti getaran tubuh kita. “Batu akan mengeluarkan sinar bling-bling terus-menerus,” kata Erwin.
Yang mesti ditunggu, Matahari Department Store yang selama ini dikenal sebagai department store pertama dan terbesar di Indonesia akan menunjukkan 36 koleksi terbaru untuk menyambut bulan suci Ramadan. Baju-baju yang dipamerkan di fashion show Matahari pada Sabtu, 20 Mei 2017 akan tersedia di 153 toko di seluruh Indonesia.
“Untuk koleksi ini, kami memberikan palet-palet warna pastel seperti pink, soft blue, ivory, dan peach. Tentunya dengan tampilan yang trendi dan elegan. Ada juga tampilan glamor dengan detail sequin. Tak ketinggalan akan ada juga tampilan modern untuk sehari-sehari,” kata Imelda Like, Head of Marketing Communication & Fashion Matahari Department Store.
Selanjutnya, ada Vivo yang berkolaborasi dengan Brand Ambassador Vivo V5s yaitu Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar untuk menampilkan koleksi Zashi pada Sabtu, 20 Mei 2017 mendatang. Inilah kali pertama Vivo mendukung PESONA Ramadhan Fashion Delight.
”Sekarang smartphone merupakan bagian dari fashion. Kami punya warna crown gold dan rose gold. Warna-warna seperti ini bisa men-support diri kita untuk lebih fashionable. Smartphone bisa menjadi penunjang bagi lifestyle dan fashion kita,” jelas Edy Kusuma, Brand Manager PT Vivo Mobile Indonesia.
“Kami berharap bahwa Vivo tidak hanya menjadi smartphone tapi menjadi sumber inpirasi. Zaskia dan Shireen memiliki attitude dan karier yg bagus sekali di kalangan entertainment. Kami berharap dengan kolaborasi seperti ini ada transfer meaning melalui Zaskia dan Shireen. Brand value kami akan tersampaikan ke konsumen kita melalui Zaskia dan Shireen,” kata Edy Kusuma.
Sementara Toyota All New Sienta mengajak dua desainer, Poppy Theodorin, dan anggota Indonesia Fashion Forward, Andhita Siswandi, dalam talk show 21 Mei 2017. Aktivasi seru di booth juga banyak. Dan Batik Air bersama Lion Parcel menggelar talk show menggandeng Modest Room.
Sampai jumpa dan menikmati rangkaian acara PESONA Ramadhan Fashion Delight 2017!
Foto: Aprilia Ramadhani