Saya pernah langsung memesan jjajangmyeon lewat aplikasi online sehabis nonton drama Korea, yang memperlihatkan pemeran utamanya menikmati semangkuk jjajangmyeon berkuah kental.
Lewat drama Korea, gaya hidup ala Korea, terutama di Seoul, pun menyebar ke seluruh dunia, dan membuat para penggemar drakor, termasuk saya, merasa akrab dengan gaya hidup seperti itu.
Makanan Korea, terutama camilan jalanan, ikut populer; dari tteokbokki atau topokki, jjajangmyeon, sampai ramyeon, lengkap dengan cara makan dan waktu yang tepat menyantapnya.
Sebenarnya kuliner Indonesia juga bisa disebarkan ke seluruh dunia lewat sinetron Indonesia.
Sayangnya bisa dibilang tak ada sinetron yang menampilkan adegan makan dengan manis (dan bukan titipan sponsor atau makan di resto yang dilakukan di studio seadanya), yang bisa menggambarkan gaya hidup Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya.
Seandainya sinetron Indonesia mau memasukkan kuliner Indonesia sebagai bagian dari gaya hidup para karakternya, ada 7 makanan (+ minuman) dan kebiasaan yang wajib dipromosikan.
Foto: Nabila Kariza, Primarasa
Segera klik halaman selanjutnya untuk tahu makanan apa saja