![](https://www.pesona.co.id/img/images/promosi%20di%20kantor.jpg)
Terlalu lama menempati posisi yang sama di kantor membuat Anda merasa nyaman, tapi bisa juga lupa melihat sekeliling.
Ternyata, rekan-rekan kerja seangkatan, bahkan para junior, sudah meraih promosi lebih dulu. Anda pun resah.
Daripada julid sendiri. lebih baik ubah pola kerja Anda, karena ada, kok, cara cepat raih promosi di kantor tanpa melakukan hal-hal yang memalukan. Ini dia tipnya!
1. Tidak pernah mengeluh
Biasakan melakukan pekerjaan dengan senang hati. Kalaupun tugas yang diberikan atasan sangat banyak dan susah, usahakan tidak banyak mengeluh. Jika dengan posisi saat ini saja Anda sudah sering mengeluh, atasan akan ragu memberikan jabatan yang lebih tinggi.
2. Lebih aktif
Kalau pekerjaan Anda sudah selesai, gunakan waktu untuk mencari tahu hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan. Jangan hanya menunggu perintah atasan, karena itu malah menimbulkan kesan Anda tidak punya inisiatif.
3. Terus belajar
Jangan cepat puas kalau sudah merasa ahli dalam job desc saat ini. Lebih baik, pelajari juga hal-hal baru di luar job desc. Dengan begitu, Anda membuka kesempatan untuk dipromosikan ke bidang lain.
4. Melihat kesempatan
Jika melihat ada posisi lebih tinggi yang kosong dan sesuai dengan kualifikasi Anda, jangan ragu mengajukan diri mengisi posisi itu. Kalau memang kinerja Anda baik, atasan akan memperhitungkan permintaan tersebut.
5. Perluas jejaring
Kalau selama ini Anda hanya bergaul dengan rekan kerja satu divisi, mulai sekarang bertemanlah dengan banyak orang di kantor. Bukan tidak mungkin salah satu dari mereka akan merekomendasikan Anda kepada atasan.
6. Tahu bedanya
Cerdaslah dalam membedakan mana membantu, mana dimanfaatkan. Dunia kerja adalah dunia profesional; membantu rekan kerja boleh saja, tapi jangan sampai dimanfaatkan.
Menjadi 'bemper' pekerjaan orang lain justru tidak membuat Anda cepat dipromosikan karena Anda dianggap tidak bisa bersikap tegas.