Oke, Anda boleh saja mencap diri sendiri multitasking. Tapi begitu beban kerja terus berdatangan, bahkan seringnya tugas datang bersamaan dan deadline-nya pun nggak jauh beda, Anda kewalahan.
Bersedia melakukan tugas dobel (atau triple) boleh-boleh saja, tapi jangan memaksakan diri.
Agar nantinya beban kerja Anda tidak makin bertumpuk dan Anda pun tak bisa mengerjakannya dengan maksimal, coba lakukan langkah berikut.
1. Bikin jadwal kerja dan target yang harus dicapai
Atur rencana kerja yang akan kerjakan hari ini, esok, dan seminggu penuh. Utamakan tugas yang tenggat waktunya mepet namun membutuhkan perhatian ekstra.
Jangan lupa sertakan target dalam mengerjakannya. Misalnya, hari ini minimal sudah selesai 75%, jadi saat mengerjakan berikutnya Anda sudah tahu kekurangannya.
2. Jangan ditunda
Walau sebentar, menunda satu pekerjaan saja akan berdampak pada pekerjaan lainnya. Jika memang mood Anda sedang drop, cobalah atur napas lalu kerjakan tugas tersebut pelan-pelan.
3. Tidak berbarengan
Sebaiknya jangan kerjakan tugas bersamaan karena merusak konsentrasi dan hasilnya malah tidak maksimal. Jika perlu, atur durasi lamanya Anda mengerjakan satu tugas lalu berpindah ke tugas selanjutnya.
4. Bikin catatan
Buat catatan kecil untuk setiap pekerjaan; mulai dari ide, langkah yang akan dijalankan, serta saran yang diberikan atasan. Catatan ini berguna agar saat di tengah-tengah pengerjaannya, Anda tak melenceng dari rencana awal.
Bawa catatan ini setiap saat, kadang saat di luar kantor; mungkin saja Anda mendapatkan inspirasi baru yang berhubungan dengan tugas kerja.
5. Bikin teamwork
Bila Anda mempunyai anak buah, buatlah pembagian kerja yang transparan. Bekerja dalam tim akan memudahkan Anda untuk fokus sekaligus kreatif, karena adanya pendapat dari pihak lain.