Dalam bekerja, Anda harus memanfaatkan seoptimal mungkin segala hal di sekitar Anda.
Anda memang tak perlu cari muka untuk mendapatkan perhatian atasan atau klien penting. Tapi, manfaatkan momen penting kapan pun dan di mana saja.
Obrolan yang awalnya Anda anggap receh bisa jadi justru mendongkrak karier Anda. Apa saja, sih?
1. Tanya kabar
Kendengarannya basa-basi, tapi paling tidak Anda sudah berniat untuk membuka percakapan. Jangan lupa dengarkan baik-baik apayang sudah dia ceritakan, sehingga bila lain kali ada kesempatan berdua lagi, Anda punya 'senjata' buat menanyakan update ceritanya.
2. Maksimal tiga bulan
Menurut Sue Thompson, ahli etiket untuk bisnis, Anda bisa memulainya dengan apa yang diketahui atau tentang diri sendiri, tanpa bermaksud menyombong, ya.
"Gunakan aturan tiga bulan, jadi pilih topik umum tentang apa yang sudah Anda lakukan tiga bulan terakhir atau rencana Anda pada tiga bulan mendatang."
Contohnya, nih, Anda berencana mengambil cuti dan meminta saran atasan destinasi mana yang menarik untuk dikunjungi.
3. Menyampaikan salam
Anda juga bisa mencoba membuka pembicaraan dengan menyampaikan salam yang dititipkan oleh teman atasan atau klien. Ceritakan saja bagaimana Anda bertemu dan pancing bagaimana mereka bisa berteman; tapi jangan sok tahu, ya.
4. Kejadian konyol
Lontarkan kejadian konyol yang baru-baru ini Anda alami, misalnya Anda mendengarkan pembicaraan tak penting antara ibu-ibu, atau Anda sendiri terjatuh sewaktu mengejar taksi. Jokes adalah salah satu ice breaker ampuh, asal timing-nya pas.
5. Beri pujian
Jika memang atasan atau klien memakai baju, tas, sepatu, rambut bahkan riasan yang baru dan superkeren, tidak ada salahnya Anda memberi pujian.
Yap, semua orang senang dipuji. Siapa tahu nantinya dia mau berbagi 'rahasia' bagaimana tampil keren sekaligus tetap profesional, demi kemajuan karier Anda.