Jika Anda perlu menunggu mood baik supaya semangat bekerja, bisa-bisa pekerjaan tidak selesai-selesai sampai jam kantor usai.
Buat apa lembur jika Anda sebenarnya bisa memaksimalkan jam kerja? Dengan demikian, semua tugas dapat tuntas sesuai waktunya, dan Anda bisa melakukan hal lainnya.
Karena itu, atur mood di kantor; cara praktis berikut bisa membangkitkan mood dan membuat semangat kerja terus menyala!
1. Wallpaper quote
Pasang kalimat motivasi sebagai wallpaper di laptop atau PC kantor. Jika ada bidang kosong, pasang kata-kata penyemangat atau gambar yang membuat Anda merasa bahagia (dan yes, itu termasuk foto artis idola, he he).
2. Lakukan strecthing
Di tengah kesibukan Anda, cobalah lakukan stretching atau peregangan. Lakukan satu jam setelah makan siang, karena umumnya pada jam-jam ini otak Anda sedang sulit berkonsentrasi. Stretching bisa membuat tubuh rileks, sebelum kembali mengerjakan tugas-tugas.
3. Minum air putih
Ini bukan iklan, tapi kurang minum memang bisa menurunkan konsentrasi karena Anda jadi merasa dehidrasi dan cepat lelah. Minumlah air putih setiap 30 menit jika Anda sibuk banget. Nanti Anda jadi ingin buang air kecil; dan tubuh Anda jadi lebih relaks juga.
4. Dengarkan musik favorit
Anda tipe orang yang bisa melakukan dua pekerjaan sekaligus? Jika mendengarkan musik tidak mengganggu Anda dalam menuntaskan pekerjaan dan malah menambah semangat, dengarkan musik favorit Anda. Begitu ada waktu luang, update lagu-lagu untuk playlist Anda.
5. Ambil jeda
Jangan terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan semua tugas, sampai-sampai mengambil jam istirahat. Jika memang waktunya istirahat, ya istirahat untuk makan siang dan mengobrol bersama rekan kerja.
Tidak ada salahnya Anda keluar sejenak dari kubikel kantor dan menghirup udara luar. Bagus juga untuk refreshing, tapi jangan keterusan ya, he he he....