Kecewa karena barang yang sampai tak sesuai ekspektasi? Sebenarnya itu bisa Anda hindari dengan beberapa cara ini!
Anda mungkin salah satu orang yang belum berani membeli barang secara online. Alasan takut kecewa atau rugi karena kualitas barang tak sesuai ekspektasi, memilih belanja konvensional pun masih jadi andalan. Padahal, kalau tahu caranya, membeli baju, elektronik, atau barang-barang lain bisa lebih menguntungkan lewat cara online.
Untuk Anda yang baru mulai belanja online, berbelanja di situs e-commerce mapun lewat toko online di media sosial, kuncinya sama saja: Teliti pada detail dan gunakan insting Anda!
Pilih penjual online yang tepercaya
Salah satu hal pertama yang membuat khawatir ketika baru akan mencoba online shopping adalah soal penipuan. Ketakutannya ketika sudah mentransfer sejumlah uang, ternyata barang yang dipesan tak kunjung sampai—hingga akhirnya benar-benar tak pernah sampai.
Kalau Anda merasa sangat tertarik membeli barang lewat media sosial, cek kredibilitas toko online, kalau perlu soal pemilik akun tersebut. Kalau rasanya Anda tak yakin, lebih baik urungkan saja niat Anda berbelanja.
Untuk pemula, sebaiknya Anda tak membeli barang-barang premium yang bernilai tinggi. Mulailah dengan membeli barang-barang kecil. Ada baiknya juga Anda mencoba membeli di situs e-commerce yang sudah populer. Ketika hal buruk itu terjadi, Anda bisa mengadukannya kepada perusahaan untuk diproses sesuai ketentuan.
Cek lagi mereknya
Membeli barang di situs e-commerce yang sudah populer, kemungkinan tertipu bisa jadi lebih kecil, tapi Anda masih punya risiko untuk kecewa. Kali ini masalahnya adalah perbedaan kualitas barang: Yang Anda lihat di halaman website-nya tak sama dengan barang yang sampai ke tangan Anda.
Untuk menghindarinya, sebaiknya pilih brand populer yang sudah Anda kenal baik kualitasnya. Kalau barang yang Anda inginkan bukan dari brand langganan, sebaiknya ‘cek ombak’ dulu soal kualitasnya ke orang-orang. Lihat juga review dari para pembeli terdahulu.
Jika Anda membeli barang di Instagram—yang biasanya berupa pakaian—coba cek tab tagging mereka. Pembeli yang puas biasanya akan mengunggah hasil belanja mereka dan memberi tag toko penjualnya. Dari sini Anda bisa melihat berbagai rupa barang idaman dalam berbagai versi.
Lakukan perbandingan
Anda mungkin ragu dengan kualitas barang yang terlihat begitu menawan. Keraguan lain karena barang dari brand andalan Anda dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasarannya. Kalau tak yakin tapi Anda masih penasaran, bandingkan harganya dengan penjual lainnya. Anda bisa membandingkannya di beberapa situs e-commerce. Kalau mau lebih repot, tak masalah memastikannya juga ke beberapa toko fisik.
Jika setelah membandingan rasanya harga terlalu murah untuk kualitas produk yang Anda inginkan, bisa jadi memang kualitasnya tak baik. Lewatkan saja produk seperti ini yang mampir di layar Anda. Penawaran terbaik tak Cuma terletak dari harganya, melainkan juga kualitas produknya.
Jangan ragu untuk bertanya
Informasi yang tercantum dalam detail produk di situs e-commerce sudah cukup lengkap. Bahkan mereka menyediakan fitur zoom in sehingga Anda bisa melihat lebih dekat bahan dan permukaan bendanya. Anda cuma perlu selera dan ketajaman mata untuk menilai kualitas foto barang di layar Anda.
Kalau masih ragu, Anda bisa menanyakan langsung detail yang membuat Anda penasaran. Beberapa situs e-commerce kini telah menyediakan layanan live chat sehingga Anda bisa menanyakan langsung detail barang idaman ke customer service mereka.
Hal yang sama juga berlaku jika Anda belanja online lewat Instagram dan media sosial lainnya. Malahan, Anda wajib melakukan ini jika belanja dengan cara ini. Alasannya, banyak penjual yang mengunggah foto yang berbeda dengan barang aslinya. Yang seperti itu, foto yang diunggah adalah ‘foto inspirasi’ baju-baju yang mereka kreasikan sendiri.
Karena itu, selalu hubungi kontak yang tercantum dan tanya detail informasi yang Anda perlukan. Jangan lupa juga untuk meminta contoh foto asli tanpa filter sebagai pertimbangan.