#4 Multimedia
Tren menunjukan bahwa konten video semakin diminati netizen. Selain itu, konsumen juga meluangkan waktu lebih lama untuk menonton video dibandingkan membaca artikel.
Dari fakta di atas, jelas sudah bahwa konten multimedia dapat dijadikan senjata ampuh dalam berpromosi secara online. Selain di website, unggah konten multimedia Anda di berbagai situs layanan video seperti YouTube dan Flickr.
#5 Optimasi website
Search Engine Optimization (SEO) memainkan peranan penting dalam pertarungan bebas di ranah mesin pencari. Sebuah artikel dengan SEO yang baik akan lebih mudah terdeteksi Google dan juga orang banyak (calon klien Anda!). Tetapi bagaimana melakukannya?
Ada jutaan artikel tentang SEO di internet. Cukup klik salah satu dan mulai lah bereksperimen. Jika Anda benar-benar menginginkan promosi bisnis online secara gratis, SEO adalah pengetahuan yang wajib Anda miliki.
#6 Berkomunitas dan berkontribusi
Seperti apakah bisnis yang tengah Anda bangun? Apa kesukaan Anda dan apa yang bisnis Anda bisa tawarkan? Berbekal jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu, Anda bisa tahu ke mana Anda mesti mencari teman dan komunitas online.
Jika Anda berbisnis furniture, bergabunglah di komunitas furniture. Jika Anda punya restoran, perhatikan komunitas pecinta kuliner. Begitu seterusnya. Dengan bergaung di komunitas, Anda akan mendapat banyak input yang berguna bagi bisnis Anda.
Tetapi, hindari perilaku diam dan hanya menjadi pengamat. Ingatlah bahwa Anda adalah sarana promosi dari bisnis Anda sendiri. Jadilah anggota komunitas yang aktif dan berkontribusi. Jangan hanya hit and run dengan berpromosi lalu menghilang. Bisa-bisa Anda justru diblokir dari situs dan komunitas.
Membangun bisnis online memang bukan perkara mudah dan cepat. Apalagi, jika Anda menginginkan promosi secara gratis. Bagaimanapun, hal tersebut bukannya tidak mungkin. Ketekunan dan kepekaan terhadap tren menjadi kunci dalam keberhasilan promosi bisnis online.
[Baca juga tentang berbagai tip negosiasi bisnis di sini]