Dalam membangun bisnis, pengeluaran untuk biaya promosi selalu menempati peringkat atas dan bikin pusing. Tapi di ranah online, biaya promosi bisnis bisa ditekan. Asalkan… Anda tahu caranya.
Baik di ranah offline maupun online, Anda memerlukan strategi dalam mempromosikan bisnis. Hal tersebut tak bisa ditawar-tawar. Tanpa promosi, bisnis akan sulit berkembang, dan ujungnya, perusahaan bisa jadi gulung tikar.
Tetapi berpromosi tak melulu mesti dilakukan dengan bujet selangit. Apalagi, jika yang kita bicarakan adalah promosi saat membangun bisnis baru, serta dilakukan di medium online. Berikut adalah tip promosi bisnis secara online yang mungkin belum Anda tahu. Dan bagusnya, semua serba gratis.
#1 Daftarkan ke direktori bisnis online
Daftarkan (baca: promosikan) bisnis Anda di penyedia layanan direktori. Semakin lokal, semakin baik. Bagaimanapun, jangan lupakan sang raksasa Google.
Saat ini, Google memiliki layanan direktori yang dinamakan Google Places. Dengan memasukan informasi seputar bisnis Anda ke daftar mereka, secara tidak langsung Anda telah menumpang Google dalam mempromosikan bisnis di jagat online. Selain Google, layanan serupa diberikan oleh Yahoo dan Bing, mesin pencari milik Microsoft. Semuanya gratis.
#2 Media sosial masih penting
Tren penggunaan media sosial sebagai alat promosi bisnis online gratis masih terus meningkat. Apalagi, sebagian besar media sosial kini telah menyediakan ruang untuk beriklan. Jika Anda ingin mencoba, perhatikan dua hal.
Pertama, pilih media sosial yang cocok untuk bisnis Anda. Jika Anda penjual pernak-pernik, mungkin Instagram dan Pinterest adalah medium yang lebih relevan ketimbang Twitter, karena keduanya memberikan ruang lebih terhadap konten visual.
Perhatikan pula di mana pasar Anda berada. Pengguna Twitter tentu berbeda dari pengguna Facebook. Pengguna Vine juga berbeda dari pengguna Snapchat. Temukan pasar Anda, baru gencarkan promosi bisnis Anda di medium tersebut.
[Cari tahu tentang berbagai hal penting bagi wanita bisnis]
#3 Membuat blog
Nyatanya, website resmi tidaklah cukup sebagai sarana promosi bisnis online. Website tersebut cenderung berbau korporat dan terkesan kaku. Ada dinding yang memisahkan Anda dan konsumen. Blog akan menghancurkan tembok itu.
Lewat blog, segala hal di balik bisnis Anda bisa diceritakan dengan gaya bahasa yang lebih santai dan dekat dengan konsumen. Sebaliknya, konsumen akan merasa lebih bebas dan terbuka dalam mengeluarkan pendapatnya.
Perlu disadari bahwa sebuah blog hanya akan menjadi alat promosi bisnis yang efektif jika ia selalu diperbaharui. Blog yang mati tidaklah berguna, atau malah menjelekan citra bisnis Anda. Ingin memulai membuat blog? Anda bisa mencoba platform gratis seperti Wordpress atau Medium.