Perfeksionis karier
Pola pikir lama:
Sukses = tidak pernah berbuat kesalahan (sekecil apapun)
Di dalam tim kerja, sifat perfeksionis ini juga bisa mengganggu mood orang lain. Jika Anda seorang bos perfeksionis, biasanya Anda sulit menerima kesalahan bawahan dan cenderung menuntut mereka bekerja mengikuti standar Anda. Akhirnya bukan malah berprestasi, tapi sebaliknya mereka kehilangan motivasi bekerja dan target kerja pun tidak tercapai.
Pola pikir baru:
1. Kesalahan itu manusiawi
Kesalahan bukanlah suatu aib, tapi sesuatu yang manusiawi. Justru nantinya bisa menjadi pelajaran berharga untuk mengembangkan diri lebih baik. Jadi, belajarlah memaafkan kesalahan diri sendiri dan orang lain.
2. Lakukan yang terbaik, bukan sempurna
Terkadang tanpa disadari Anda terlalu 'keras' menuntut diri sendiri untuk menjadi yang terbaik. Padahal kalau saja kita mau menengok ke tetangga sebelah, mungkin apa yang Anda lakukan sudah melebihi standar normal. Untuk itu, lakukan segala sesuatunya semampu Anda dengan sepenuh hati. Dengan begitu Anda bisa lebih menikmati proses, bukan hasilnya.